Mungkin masih banyak orang yang bingung memilih kuliah sambil kerja, yang mana terdapat pilihan antara mau langsung bekerja atau meneruskan pendidikan ke bangku perkuliahan di IDS Digital College misalnya. Dengan bekerja, tentunya kita sudah bisa mendapatkan penghasilan sendiri dan tidak menjadi beban bagi orang tua. Sementara disamping itu kebutuhan akan pendidikan perkuliahan juga sama pentingnya untuk meningkatkan kualitas diri serta relasi. 

Nah khusus bagi kamu yang sudah terlanjur sudah bekerja sekarang, maka berikut ada beberapa tips agar kuliah sambil kerja kamu, menjadi berjalan dengan lancar.

  • Konsultasikan dengan atasan di perusahaan kamu

Salah satu langkah terpenting dalam melakukan keputusan mengambil perkuliahan di sela kesibukanmu bekerja adalah, tentunya dengan berbicara dulu dengan atasan kamu di perusahaan. Karena dengan berbicara atau melakukan konsultasi dengan atasan di perusahaan kamu tersebut, setidaknya akan dijelaskan mengenai dampak-dampak apa saja yang akan kamu hadapi ketika mengambil kuliah sambil bekerja.

kuliah sambil kerja
kuliah sambil kerja

Dengan demikian akan terciptanya sebuah win-win solution terhadap kamu dan perusahaan kamu. Tidak usah sungkan untuk membicarakan hal ini, karena jika kamu mengkomunikasikan dengan jelas tidak menutup kemungkinan atasan kamu bisa mensupport langkah yang akan kamu ambil.

  • Mengambil jam perkuliahan online

Di zaman yang sudah serba online ini, sudah banyak sekali kampus-kampus besar di Indonesia seperti IDS Digital College, yang sudah mengadakan jam perkuliahan secara online. Yang artinya, para mahasiswa yang sudah mengambil jam perkuliahan secara online ini, tidak perlu lagi untuk datang ke kampus untuk melakukan pembelajaran secara konvensional.

Dengan adanya jam perkuliahan secara online ini, tentunya membuat langkah kuliah sambil kerja kamu menjadi lebih nyaman dan juga tenang. Karena meskipun dilakukan pembelajaran kuliah secara virtual, kamu masih bisa berdiskusi secara langsung dengan dosen pengajarmu, layaknya pembelajaran kuliah secara umum. 

  • Atur jadwal istirahat

Salah satu resiko yang sudah terpampang di depan mata, ketika kamu memutuskan untuk mengambil perkuliahan di sela waktu kerja adalah, berkurangnya waktu istirahat. Ya, tentunya kamu harus bisa menerima salah satu konsekuensi ini karena di sela pekerjaan kamu yang super sibuk, kamu diharuskan untuk mengikuti jam pelajaran dengan disiplin, agar bisa lulus tepat waktu.

Dengan demikian, untuk mengatasi hal ini adalah dengan memprioritaskan kegiatan apa saja yang mesti kamu kurangi setelah seharian bekerja. Karena dengan mengurangi kegiatan yang dirasa tidak terlalu penting, bisa diganti dengan jadwal istirahat kamu. Kurang-kurangi hangout ataupun yang sejenisnya agar perkuliahan yang kamu ambil sembari bekerja ini, bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. 

  • Memilih jurusan perkuliahan yang sesuai dengan ranah pekerjaan kamu

Apabila tujuan kamu untuk mengambil perkuliahan adalah untuk meningkatkan karier, maka sebaiknya saat akan mengambil jurusan perkuliahan pilihlah jurusan yang sesuai dengan bidang pekerjaanmu saat ini.

Seperti misalnya, jika kamu saat ini sedang bergelut di bidang pekerjaan administrasi, maka kamu bisa memilih jurusan yang relevan seperti misalnya jurusan akutansi atau manajemen. Dengan mengambil jurusan perkuliahan yang sejalan dengan ranah pekerjaanmu saat ini, juga akan mendatangkan berbagai manfaat yang bisa dirasakan secara langsung saat bekerja di perusahaan.

Nah, cukup banyak sekali bukan solusi untuk menjawab persoalan untuk mengambil perkuliahan di sela pekerjaan kamu? Sementara perihal memilih kampus yang cocok untuk dijadikan sebagai perkuliahan yang bisa dilakukan sambil bekerja, maka sebagai rekomendasi dari kami, kamu bisa memilih kuliah di IDS Digital College.