Ketika bayi masih berada dalam kandungan, faktor yang sangat berperan dalam pertumbuhan janin adalah nutrisi yang dikonsumsi Ibu. Ibu hamil perlu memberi stimulasi anak dan juga mengkonsumsi makanan sehat yang lengkap dan seimbang nilai gizinya. Sumbernya bisa dari makanan bergizi yang disantap sehari-hari dan ditambah susu hamil. Ketika si kecil lahir, nutrisi yang si kecil peroleh di sepanjang dua tahun pertama menjadi penentu berikutnya.

Pada periode emas dalam pertumbuhan si kecil tersebut, bayi mengalami pertumbuhan pesat, terutama otaknya. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi, berikanlah ASI eksklusif hingga si kecil berusia enam bulan. Pemberian ASI pada bayi memang sangat dilanjutkan sampai si kecil berusia dua tahun, tentunya sebagai pelengkap makanan tambahan yang sesuai.

stimulasi anak
stimulasi anak

Selain makanan, stimulasi anak juga sangat penting dalam perkembangan saraf anak. Selain memperhatikan jenis makanan, orang tua sebaiknya juga tak mengabaikan cara makan anak. Masyarakat masih banyak yang kesulitan mengatur jadwal makan anak. Padahal, si kecil membutuhkan keteraturan jadwal makan sedini mungkin. Supaya si kecil tidak susah makan, sediakan dan beri makan saat si kecil lapar. Biasakan waktu menyantap hidangan tidak lebih dari 30 menit. Kalau lebih dari waktu tersebut, gula yang terkandung dalam makanan akan ngeblok sehingga si kecil sudah kenyang.

Hasilnya, si kecil tidak bisa lagi memakan makanan dan segala nutrisi yang ada di dalamnya secara lengkap. Sebagian orang tua sering sekali menyerah ketika anaknya sulit makan. Mereka lantas mengganti makanan tersebut dengan susu dan menganggap bahwa susu mampu menghadirkan nutrisi yang dibutuhkan si buah hati. Sebenarnya, itu tidak benar. Susu hanya pelengkap, bukan dijadikan pengganti makan. si kecil tetap butuh makanan padat supaya fungsi usus bisa berjalan normal.

Makanan pendamping harus mencukupi kebutuhan anak. Kebiasaan makan yang baik sejak kecil bisa menurunkan berbagai risiko masalah pola makan nantinya ketika di usia dewasa. Kebiasaan makan semasa kanak-kanak pun besar pengaruhnya pada kesehatan seseorang, supaya tumbuh kembangnya menjadi optimal, si kecil butuh nutrisi seimbang, seperti karbohidrat, lemak, protein, mineral, dan vitamin.

Selain itu, si kecil juga butuh nutrisi spesifik, seperti kolin, AA dan DHA, yodium, dan zat besi. PT Wyeth Nutrition Sduaenam meluncurkan  inovasi terbaru S-26 Procal Gold, karena melihat fakta bahwa setiap anak memiliki potensi untuk menjadi anak hebat. Maka dari itu stimulasi anak dan juga memberi asupan gizi yang baik adalah bagian dari mendukung perkembangan dan pertumbuhan anak dengan baik.