Kampus yang terkenal dengan jaket almamater kuning ini merupakan universitas terbaik Jakarta, yang memiliki sejarah panjang sejah jaman kolonial. Bermula dari 1849 masa kolonial Belanda mendirikan sebuah sekolah untuk asisten dokter dan lulusannya akan menjadi dokter Jawa.

Kemudian berubah menjadi STOVIA, mendidik para tenaga medis yang notabene dari pribumi, era Politik etis ini lah para pemuda yang belajar di sekolah-sekolah Belanda mendirikan organisasi modern yang menjadi tolak ukur kebangkitan nasional. Alumni STOVIA mendirikan Budi Utomo yang diklaim sebagai organisasi  pergerakan nasional pertama dengan tokoh dr.

universitas terbaik jakartaSutomo. Perkembangan  selanjutnya nama berganti-ganti hingga pada masa awal kemerdekaan berubah menjadi Universitas Indonesia. Rektor pertamanya Tjokroadisoerio, kemudian menjadi menteri Keuangan jaman demokrasi Liberal di Indonesia bertugas di Universitas Indonesia sejak 2 Februari 1950.

Masa Orde Baru merupakan masa dimana para guru besar UI menjadi menteri dipercaya untuk membangun ekonomi bangsa, dan memulihkan keadaan ekonomi, meemberikan kontribusi bagi upaya kemakmuran bangsa.  Universitas terbaik Jakarta ini berlambang kala-makara berwarna dasar kuning dan secara keseluruhan melambangkan pohon ilmu pengetahuan.

Setiap fakultas memiliki warna berbeda, dan panji yang digunakan bergambar kapak diambil dari zaman perunggu melambangkan masyarakatyang dinamis dengan logo makara UI di tengah seperti matahari melambangkan pelopor ilmu pengetahuan.

Ketika wisuda secara simbolik para mahasiswa dan mahasiswi akan memberikan kendi ilmu kepada mahasiswa yang baru masuk sebagai lambang regenerasi. Lagu wajib Universitas Indonesia adalah himne Almamater dan Genderang Universitas Indonesia.

Universitas terbaik Jakarta ini memiliki 14 fakultas dan 2 program serta memiliki program dual degre bekerjasama dengan universitas luar negeri seperti kerjasama dengan universitas ternama di Australia, Belanda, Jerman dan universitas lainnya informasi lebih lengkap buka situs www.iu.ac.id. Fasilitas lengkap terdapat di green kampus seluas 350 hektar ini, dari mulai sarana ibadah, olahraga, aula, hingga UKM dan sebagainya.

Ada Universitas terbaik Jakarta di dua tempat yang berjauhan kampus Salemba dan kampus Depok ini siap menyambut para mahasiswa dan mahasiswi baru calon pemimpin masa depan.