Dunia perfilman menjadi salah satu dunia yang menarik bagi generasi saat ini. Apalagi perfilman Indonesia sudah mulai berkembang dan bersinar. Terbukti dengan banyaknya film-film di Indonesia yang mendapatkan jutaan penonton. Jadi Anda yang berminat dan memiliki passion di bidang perfilman tidak perlu ragu lagi untuk mengembangkan karir dengan kuliah film

Tidak hanya bidang perfilman saja, lulusan film sebenarnya memiliki prospek kerja yang cukup luas. Sebagai bahan pertimbangan untuk memantapkan diri memilih jurusan perfilman, berikut ini ada beberapa peluang kerja yang bisa dimasuki oleh lulusannya:

Sutradara

Sutradara mungkin tidak asing lagi bagi sebagian besar dari Anda. Profesi ini bertugas untuk mengarahkan proses pembuatan sebuah film atau acara televisi. Sutradara akan bekerja berdasarkan naskah yang telah dibuat sebelumnya. Selain mengarahkan pembuatan film, sutradara juga bertugas mencari dan memilih pemeran.

Kuliah Film
Kuliah Film

Program Director

Program director merupakan profesi yang bisa dimasuki oleh profesional dan berpengalaman. Pasalnya profesi ini memiliki tanggung jawab yang besar karena bisa dikatakan sebagai otak dari film yang akan dikerjakan. Semua konsep dan teknis yang berhubungan dengan produksi film merupakan tanggung jawab dari program director.

Editor Film dan Video

Prospek kerja bagi Anda lulusan kuliah film selanjutnya adalah editor film dan video. Tanggung jawab editor sama besarnya seperti sutradara karena mereka berada di tahap akhir. Editor inilah yang nantinya melakukan editing agar sebuah film dapat dinikmati penonton sesuai rate yang telah ditetapkan.

Teknisi Penyiaran

Teknisi penyiaran menjadi profesi selanjutnya yang bisa Anda masuki setelah lulus. Mereka memiliki tugas untuk menyiapkan, menjaga, serta menjalankan peralatan elektronik yang digunakan untuk menyiarkan acara. Teknisi penyiaran harus mampu mengatur dan mengontrol peralatan audio agar proses penyiaran berjalan dengan lancar.

Operator Kamera

Operator kamera tentu saja bertugas untuk mengoperasikan kamera dalam mengambil gambar. Profesi ini tidak hanya bisa bekerja di bidang perfilman saja namun juga bisa bekerja di bidang lainnya yang membutuhkan keahliannya. Anda bahkan bisa membuka usaha atau studio pemotretan sendiri dengan kemampuan tersebut.

Media Massa

Kuliah di bidang perfilman tidak harus bekerja di industri perfilman. Anda juga bisa masuk ke bagian percetakan atau media massa seperti perusahaan surat kabar, publikasi online, majalah, jurnalis film, dan lain sebagainya. Anda yang memiliki passion di bidang perfilman maupun media massa sangat cocok masuk ke jurusan ini. 

Peneliti dan Konsultan

Peneliti merupakan profesi yang ada di segala bidang, termasuk bidang perfilman. Setelah melakukan penelitian, publikasi hasil penelitian bisa digunakan oleh pelaku bisnis perfilman untuk meningkatkan kualitasnya. Selain peneliti, Anda juga bisa bekerja sebagai konsultan yang memberikan saran terhadap dunia perfilman. Kedua profesi ini pada umumnya bisa dimasuki oleh mereka yang sudah senior di dunia film.

Industri Pendidikan

Minat masyarakat yang semakin tinggi akan dunia perfilman memicu munculnya banyak tempat kursus. Anda bisa bisa bekerja sebagai pengajar di tempat kursus tersebut setelah lulus kuliah. Jika ingin menjadi dosen, Anda perlu kuliah kembali sehingga memenuhi kualifikasi untuk menjadi dosen.

Itulah beberapa prospek kerja yang bisa dimasuki oleh lulusan jurusan film. Tidak hanya prospek kerja yang terbuka lebar, kesuksesan seseorang juga bergantung pada skill atau kemampuan yang Anda miliki. Kuliah film di IDS atau International Design School dapat membantu Anda mengembangkan skill ke arah yang lebih baik.

Pengajar berpengalaman yang berasal dari dunia kreatif langsung akan memberikan banyak ilmu kepada mahasiswa. Jika tertarik untuk kuliah di International Design School, Anda bisa mendaftarkan diri melalui website resminya yaitu idseducation.com.