Lipstik menjadi salah satu peralatan kosmetik yang wajib digunakan oleh kaum hawa karena dapat membuat penampilan terlihat lebih cantik, lebih sempurna, dan lebih percaya diri. Saat ini, sudah banyak lipstik yang beredar di pasaran dengan warna-warna yang menarik. Bahkan, sudah banyak juga di pasaran lipstik yang berlabel halal, seperti lipstik Nameera yang ditujukan lebih kepada para muslimah.

Banyaknya warna yang menarik membuat Anda, bahkan kaum hawa, ingin mencobanya. Bahkan, Anda tidak sungkan untuk meminjamnya pada teman. Padahal, hal tersebut sangatlah berbahaya.

lipstik nameera
lipstik nameera

Berdasarkan penelitian, ada beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan akibat berbagi lipstik dengan orang lain, seperti berikut ini.

1. Dapat Menyebarkan Bakteri

Jika terlalu sering berbagi dengan orang lain, lipstik yang Anda miliki akan menjadi sarang bakteri. Hal ini dikarenakan di bibir setiap orang terkandung banyak bakteri. Saat mengoleskan lipstik di bibir, bakteri-bakteri yang ada pada lipstik akan masuk ke dalam tubuh melalui pembuluh darah.

2. Dapat Menyebarkan Virus

Jika meminjamkan lipstik pada teman yang terjangkit virus di dalam tubuhnya, kemungkinan besar Anda juga akan terjangkit oleh virus tersebut. Sama seperti bakteri, virus tersebut akan masuk ke dalam tubuh Anda.

Salah satu virus yang dapat menjangkiti Anda adalah virus herpes. Pada 2015, terdapat kasus seorang wanita di Amerika Serikat terjangkit penyakit herpes setelah mencoba tester lipstik di salah satu toko kosmetik ternama. Hal ini terjadi karena tester lipstik tersebut sudah dicoba oleh banyak orang, termasuk orang yang terjangkit virus herpes.

3. Dapat Menyebabkan Dermatitis

Selain virus herpes, berbagi lipstik juga dapat menyebabkan Anda terjangkit dermatitis. Ada beberapa gejala yang menunjukkan bahwa Anda terjangkit dermatitis, di antaranya bibir kering, gatal, terkadang berair dan sakit, kemerahan, pecah-pecah, serta panas dan terasa seperti terbakar.

Setelah mengetahui bahaya-bahaya yang dapat terjadi, Nameera sangat menyarankan Anda untuk tidak berbagi lipstik dengan orang lain. Jika mengalami hal-hal tersebut, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan perawatan yang lebih baik.