Teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh kaum milenial. Di lain sisi, jurusan teknik informatika  juga merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek pekerjaan yang begitu potensial. Itulah kenapa, jurusan yang satu ini banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Namun, ada banyak sekali mitos-mitos yang berkembang terkait jurusan ini. Nah, di sini kami akan coba membahas apa saja fakta dan mitos seputar bidang teknik informatika agar tidak salah menilai. Tujuannya agar Anda bisa memilih jurusan ini sesuai potensi Anda.

Bekal Kemampuan Untuk Kuliah Teknik Informatika

jurusan teknik informatika
Jurusan teknik informatika

Apakah untuk memilih fakultas teknik informatika harus bisa bahasa pemrograman?  Atau, apakah lulusan SMK maupun jurusan IPS SMA bisa ikut? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini seringkali menjadi bahan pertimbangan bagi para lulusan SMA yang ingin memilih jurusan tersebut.

Bahkan tidak sedikit orang yang minder hanya karena mereka bukanlah lulusan jurusan IPA atau bahkan tidak bisa bahasa pemrograman. Di sini kami akan coba jelaskan bahwa untuk masuk ke jurusan ini, Anda tidak perlu memiliki keahlian bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Kemampuan dasar bagi yang ingin ikut di fakultas ini yaitu kemampuan berhitung dan juga kemampuan logika/bernalar. Cukup berbekal kemampuan tersebut, Anda sudah bisa ikut fakultas teknik informatika.

Bahkan Anda yang lulusan IPS juga bisa masuk ke jurusan ini. Asalkan seperti yang kami jelaskan di atas, Anda harus memiliki kemampuan logika/bernalar dan juga berhitung sebagai fondasi awal.

Pelajaran di Jurusan Teknik Informatika

Ada banyak sekali pelajaran-pelajaran di bidang teknik informatika yang bisa Anda pelajari nanti. Pelajaran-pelajaran tergolong lengkap agar Anda bisa lulus sebagai orang yang andal di bidang dunia perkomputeran.

Adapun pelajaran-pelajaran yang bisa didapatkan di antaranya seperti:

  • Jaringan komputer
  • Pemrograman web
  • Pemrograman Java
  • Algoritma dan pemrograman
  • Matematika
  • Logika informatika

Dari mata pelajaran di atas, Anda bisa menjadi seorang yang andal dalam bidang tersebut. Jadi, Anda tidak perlu memiliki kemampuan dasar pemrograman terlebih dahulu. Pasalnya, semuanya akan dipelajari di jurusan tersebut.

Peluang Kerja Setelah Lulus

Seperti yang dijelaskan di atas, ada banyak peluang kerja setelah lulus di bidang teknik informatika. Peluang kerjanya tergolong banyak dicari dan dibutuhkan oleh berbagai bidang industri.

Adapun beberapa peluang kerjanya yaitu seperti:

  1. Sebagai Web Developer

Pembuat web merupakan salah satu jasa yang sangat dibutuhkan. Keahlian membangun web bisa dikuasai oleh lulusan teknik informatika. Anda bisa bekerja di bidang terkait, atau bisa juga membuka usaha sendiri dengan menawarkan layanan pembuatan website.

  1. Sebagai Game Developer

Industri game di Indonesia kian tumbuh dan berkembang. Bahkan, industri ini masuk sebagai salah satu kategori industri yang prospektif di era milenial. Anda juga akan berpeluang menjadi seorang game developer di dalam sebuah tim pengembang game.

  1. Software Developer

Kebutuhan akan sebuah perangkat lunak atau software saat ini kian diminati. Bahkan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka yang membutuhkan berbagai software untuk memudahkan aktivitas bisnisnya. Tugas Anda di sini adalah membangun dan mengetes software.

Kesimpulan

Fakultas teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang sangat populer dan terus diminati. Pasalnya, prospek pekerjaan setelah lulus begitu banyak sekali. Cocok sekali untuk Anda yang ingin langsung kerja setelah lulus nanti.

Demikian informasi seputar jurusan teknik informatika yang harus Anda ketahui. Bagi yang sedang mencari institusi pendidikan yang menawarkan fakultas tersebut, IDS Digital College bisa menjadi tempat yang cocok untuk kebutuhan Anda. Bagaimana, tertarik untuk memilih fakultas ini?.