Orangtua mana yang tidak khawatir melihat anak gampang sakit. Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua harus memikirkan cara meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit. Kekebalan tubuh anak sangat dipengaruhi oleh nutrisi dalam asupan makanan, kebersihan lingkungan di sekitar anak, dan aktivitas sehari-hari.

Berikut ini adalah ulasan mengenai tips bagaimana agar sistem imun anak meningkat dan tidak mudah sakit. Disimak ya Bunda.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Nutrisi dalam asupan makanan yang biasa dikonsumsi oleh anak pada umumnya tidak cukup, oleh karena  itu perlu tambahan vitamin untuk menyeimbangkan nutrisi dari makanan. Sejak usia dini, bunda sebaiknya membiasakan anak mengkonsumsi banyak buah dan sayur.

Kandungan vitamin dalam buah maupun sayur seperti vitamin C, vitamin A, E, dan vitamin D dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Jika anak anda tidak terbiasa atau tidak menyukai buah dan sayur tertentu, bunda harus merubah cara pengolahan buah dan sayur tersebut agar disukai oleh anak seperti membuatnya menjadi jus, es krim, campuran kue, dan lain sebagainya.

Membiasakan mencuci tangan

Lingkungan disekitar anak yang kurang bersih seringkali menjadi penyebab anak terjangkit virus maupun bakteri. Jika sistem kekebalan tubuh anak kurang baik maka dapat dipastikan anak akan langsung sakit.

Masuknya virus dan bakteri pada umumnya melalui tangan. Oleh karenanya penting untuk selalu membiasakan anak mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan berbagai aktivitas.

Tidur siang yang teratur

Kualitas tidur bagi anak juga penting nih Bunda. Pasalnya jika anak tidak memiliki tidur yang cukup di siang maupun malam hari maka daya tahan anak akan menurun.

Jumlah jam tidur ideal untuk anak balita sekitar 13 jam, bayi 18 jam, sedangkan untuk anak prasekolah yaitu sekitar 10 jam sehari. Untuk membiasakan anak tidur siang secara teratur, bunda harus membatasi aktivitasnya di siang hari agar anak bisa cepat mengantuk.

Sebenarnya ada cara instan untuk meningkatkan kesehatan tubuh anak seperti mengkonsumsi suplemen makanan dan berbagai produk vitamin. Akan tetapi hal tersebut dikhawatirkan memberikan efek samping yang negatif terhadap anak.

Kalau ada cara yang lebih alami dan aman untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, sebaiknya Moms tidak perlu menempuh cara yang instan. Selalu awasi kesehatan anak dengan memberinya asupan dan kegiatan yang tepat.