Tahukah Anda, bahwa ternyata jurusan desain komunikasi visual sudah ada di Indonesia sejak akhir 90an? Ya, dan sejak itu pula jurusan desain komunikasi visual di Jakarta atau pun di kota besar lainnya mengalami perkembangan yang cukup pesat, apalagi dengan adanya internet. Namun di masyarakat, masih banyak yang belum paham secara pasti apa itu DKV.

Apalagi di lingkungan sekitar, banyak yang masih belum paham apa sebenarnya desain komunikasi visual itu. Lantas, apa saja mitos dan pendapat masyarakat secara umum tentang DKV ini? untuk itu mari kita simak penjelasan selengkapnya dari International Design School (IDS) berikut ini, antara lain: 

jurusan desain komunikasi visual di Jakarta
jurusan desain komunikasi visual di Jakarta

Fokus pelajarannya hanya menggambar. Fakta nya menggambar hanya bagian kecil dari DKV.

Anggapan seperti ini sering diucapkan bagi mereka yang tidak terlalu paham mengenai jurusan yang satu ini. Memang, anggapan ini tidak sepenuhnya salah. Kebanyakan tugas di jurusan ini adalah menggambar. Bahkan tes untuk masuknya sendiri adalah menggambar! Namun satu hal yang perlu diketahui adalah, menggambar hanyalah sebagian kecil dari inti keseluruhan dari DKV.

Karena pada dasarnya semua mahasiswa DKV dituntut untuk bisa menggambar, mendesain, mengkonsep, menyampaikan ide dan pesan, semuanya lewat tampilan visual (gambar) makanya tidak heran jika melihat mahasiswa DKV kerjanya hanya menggambar saja. 

Kuliah nya terlihat mudah. Fakta nya jurusan ini lebih banyak praktik dari teori demi menyiapkan lulusan yang profesional

Dari luar mungkin jurusan ini terlihat begitu mudah karena kerjanya hanya menggambar. Namun percayalah, semua akan berubah jika Anda ikut terjun kedalamnya. Pasalnya, Anda dituntut untuk menguasai beberapa teknik seperti menggambar ilustrasi, animasi manual, animasi digital, perencananan, dan masih banyak lagi. Bahkan, satu tugas menggambar animasi saja bisa dikerjaan selama satu semester. 

Tak jarang, banyak mahasiswa DKV yang terlihat sering begadang untuk mengerjakan semua tugas-tugas tersebut. Jadi, jika ada yang bilang jurusan DKV itu mudah maka beritahu dia cara membuat film animasi  3D dengan durasi 2 jam.

Kuliah nya sangat santai. Fakta nya, jurusan ini khusus bagi orang kreatif yang rajin

Karena sudah banyak yang berpikir bahwa kuliah jurusan desain komunikasi visual di Jakarta dan kota lainnya itu mudah, maka timbul opini lain yang menyatakan bahwa kuliah di DKV itu sangat santai. Tidak perlu berpenampilan rapi, tidak perlu datang tepat waktu, tidak perlu membawa berbagai macam buku, atau pun tidak perlu membawa tas sekalipun. Sekali lagi, anggapan ini tentu saja salah. 

Fakta nya, ada begitu banyak tugas yang diberikan saat mengikuti perkuliahan DKV ini, bahkan tugas yang diberikan pun tidak main-main dan bahkan memakan waktu hingga berbulan-bulan. Mahasiswa DKV pun dianjurkan untuk mencari referensi tidak hanya lewat buku melainkan lewat hal sekitar, termasuk mengubah objek yang Anda lihat kemudian dituangkan dalam sebuah gambar. 

Kuliah DKV susah mendapatkan kerja. Fakta nya, justru lulusan DKV sangat banyak  dicari saat ini

Terakhir, dan anggapan yang paling buruk di masyarakat tentang jurusan DKV adalah “lulusan DKV tidak memiliki masa depan dan susah cari kerja”. Bagi mahasiswa DKV pasti pernah mendengar omongan ini, bahkan dari orangtua sendiri yang bertanya tentang pekerjaan apa saja yang bisa didapat dari jurusan DKV. Fakta nya, kini pekerjaan sebagai desainer grafis sedang ramai-ramainya di cari di setiap industri. 

Setidaknya, pekerjaan umum yang bisa dikerjakan dari seorang lulusan DKV diantaranya adalah menjadi desainer grafis untuk Periklanan dan percetakan, pembuat animasi, menjadi seorang ilustrator, menjadi seorang komikus, dan masih banyak lainnya. Yang jelas, semua dari pekerjaan tersebut sangat menjamin masa depan para lulusan DKV. 

Kesimpulannya, bagi Anda yang ingin memasuki jurusan desain komunikasi visual di Jakarta atau kota besar lainnya, tak perlu ragu atau khawatir dengan anggapan yang ada di masyarakat. Karena pada kenyataannya, semua anggapan yang ada tersebut salah besar.

Ikuti minat dan bakat Anda, terus asah, dan raih mimpi. Untuk itu, telah hadir International Design School (IDS) yang membantu Anda untuk memahami DKV dengan cara yang lebih mudah, dan lebih menyenangkan. Untuk itu, segera kunjungi website www.idseducation.com dan temukan informasi selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!